Melihat Ragam Budaya pada Lampu Gantung Masjid Nabawi dari Cepogo

Kota Madinah merupakan salah satu kota yang bersejarah bagi umat muslim di dunia dan menyimpan kekayaan budaya. Kekayaan budaya yang bernilai seni tinggi ini contohnya dapat dilihat dari keindahan masjid besar Nabawi. Keindahan masjid ini menginspirasi lahirnya banyak karya seperti replika lampu gantung masjid Nabawi buatan pengrajin Cepogo. 

Cepogo yang termasuk dalam wilayah kabupaten Boyolali memang selama ini dikenal sebagai pusat pengrajin tembaga besar. Tidak hanya besar, pusat kerajinan ini pun memiliki banyak pengrajin ahli yang telah memiliki pengalaman sangat mumpuni. Berdasarkan pengalaman inilah akhirnya para pengrajin menelurkan karya lampu Nabawi yang menakjubkan untuk diperhatikan. 

Beragam Khasanah Budaya pada Lampu Cepogo

Menakjubkannya replika lampu gantung  masjid Nabawi sebagai bentuk kerajinan olahan tembaga yang dihasilkan para pengrajin Cepogo menggambarkan kekayaan bangsa. Terutama berkaitan dengan nilai-nilai yang terkandung pada kreasi lampu ini. Seperti di antaranya adalah kandungan nilai seni tinggi hingga akulturasi budaya yang ada padanya di bawah ini:

1. Khasanah Seni Kerajinan

Pertama, lampu gantung tembaga yang terinspirasi dari masjid Nabawi, buatan para pengrajin Cepogo syarat akan nilai seni. Nilai seni ini dapat dilihat dari pengolahan logam tembaga yang dilakukan oleh pengrajin secara handmade. Jelas, pengolahan ini membutuhkan teknik tinggi  yang menunjukkan bahwa pengrajin mempunyai daya seni, khususnya kerajinan tangan. 

2. Akulturasi Budaya pada Desain

Selanjutnya, lampu Nabawi yang dibuat para pengrajin juga menunjukkan fakta akan adanya akulturasi dua kebudayaan, Indonesia dan Timur Tengah. Dapat dilihat dari ragam corak lampu gantung Nabawi yang  kadang kala memiliki ornamen perpaduan dua kebudayaan. Sehingga dengannya kemudian menjadikan lampu Nabawi buatan pengrajin terasa lebih otentik dan khas. 

Rekomendasi Pusat Penjualan Lampu Nabawi Cepogo

Sebagai pusat kerajinan tembaga, Cepogo adalah gudang bagi aneka kerajinan lampu seperti di Rumah Tembaga. Pusat kerajinan tembaga besar ini memiliki banyak pengrajin ahli yang menghasilkan karya berkualitas. Bukan hanya sekedar tampilan luarnya saja, tetapi juga mengandung nilai yang menjadi kekayaan bangsa. 

Tentunya menjaga kelestarian khasanah budaya bangsa adalah tugas setiap warga negara. Seperti misalnya, dengan membeli replika lampu gantung masjid Nabawi dari Cepogo, berarti turut menjaga kelestarian budaya kerajinannya.